Minggu, 03 Maret 2013

SALESMAN SUKSES

5 Perilaku yang Membuat Seorang Sales Sukses



www.marketing.co.id - Menjadi seorang sales boleh dibilang gampang-gampang susah. Karena menjadi seorang sales, pastinya akan dituntut  untuk lebih aktif dan kreatif dalam memasarkan sebuah produk. Maka jangan heran kalau seorang sales pernah merasakan pasang dan surut dalam penjualan.
Perlu Anda ketahui, dunia marketing saat ini sangat dinamis dan penuh tantangan. Maka para salespun harus pintar-pintar mencari peluang dan menghasilkan omset penjualan yang cukup besar agar perusahaan itu tidak merugi.
Berikut  5 perilaku seorang sales jika mau menuai keberhasilan:

1. Berjiwa besar dan berani melawan kegagalan
Bagi seorang sales, kegagalan maupun penolakan dalam memasarkan sebuah produk sudah menjadi bumbu penyedap bagi kegiatan mereka setiap harinya. Maka dari itu, seorang sales dituntut untuk berjiwa besar dan jangan berkecil hati dalam menghadapi kegagalan.
Coba Anda pastikan selalu mengutamakan kepentingan konsumen  dan memberikan pelayanan prima kepada mereka. Sehingga mereka akan percaya terhadap apa yang Anda sampaikan.

2. Selalu jeli melihat pasar dan menciptakan sebuah peluang
Bisa dikatakan seorang sales harus punya insting yang tajam. Karena seorang sales harus selalu jeli dalam melihat pasar dan menciptakan peluang dalam berbagai kesempatan. Bagi seorang sales, pintu rumah yang tertutup saja bisa menghasilkan sebuah peluang. Peluang  itu bisa diraih bila Anda menyampaikan informasi pemasaran produk dengan startegi yang tepat.
Jadi, posisikan diri Anda sebagai teman dekat bagi konsumen dan penuhi kebutuhan yang mereka cari.

3. Biasakan diri Anda menjadi seorang pemenang
Ketatnya persaingan pasar dan besarnya resiko yang menghadang di depan mata, menuntut para sales untuk bisa bertahan sebagai pemenang. Maka biasakan pribadi Anda menjadi seorang juara, agar setiap hambatan maupun tantangan yang hadir di depan mata bisa Anda selesaikan dengan maksimal.

4. Perluas networking
Memang tak bisa dipungkiri bila networking menjadi salah satu modal atau aset berharga bagi seorang sales maupun pelaku pasar lainnya. Semakin luas jaringan bisnis yang akan Anda bangun, maka semakin besar pula peluang sukses yang telah Anda rencanakan di masa-masa mendatang.
Jadikanlah orang-orang yang ada disekitar Anda menjadi relasi bisnis potensial yang akan membantu Anda untuk mencapai puncak keberhasilan.

5. Selalu melakukan evaluasi secara rutin
Tingginya persaingan pasar dan besarnya resiko kegagalan yang sering menghantui para sales. Sehingga menuntut para sales untuk bisa melakukan perbaikan secara bertahap, baik itu mengevaluasi setiap tindakan maupun tingkah laku sales itu sendiri. Selain itu juga, para sales harus selalu mengevaluasi kesalahan-kesalahan dalam setiap proses penjualan sehingga menuju keperbaikan.

Yang perlu diingat bagi seorang sales, bahwa keberhasilan itu  tidak hanya bergantung dari kualitas produk yang mereka jual, namun keberhasilan tersebut juga tergantung dari kualitas skill dan pengetahuan individu yang memasarkan, yakni diri Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar